Tuesday, June 26, 2012

OMG! Aku Lupa!

Karena Cerbung aku untuk ibu ga laku #sigh #jujurbanget #makanbeling ,jadi hari ini aku mau bahas penyebab kenapa kita bisa seriiiiiiiiing banget lupa. "lebih tepatnya aku"
Tapi aku mau ceritain dulu pengalaman "lupa" dalam hidup aku #pengalamanmacamapaitu #closetab

"Eh" itu yang sering aku ucapkan kalau aku lupa nama temen aku sendiri #parah

Gini ya pernah kejadian dan kejadian itu ga lama-lama ini deh. Aku lupa nama orang yang baru saja aku tanyain namanya!! BARU SAJA AKU TANYA!
Waktu "SNMPTN-tulis" kemarin, aku kan tes sendiri nih, ga ada sama sekali  wajah orang familiar di tempat tesku kemarin. Makanya aku sok-sokan kenalan sama orang yang duduk disamping aku.
"Eh, darimana? Namanya siapa?" gitu aku nanyanya, terus dia jawab deh...
Masalahnya setelah dia jawab dia sekolah dimana, namanya siapa, aku lupa! aku lupa! AKU BENER-BENER LUPAAAAA!! #lebay

tapi parahnya, itu bukan hal pertama! itu berkali-kali!
Waktu aku lagi pesbukan, ada orang nge-chat aku, dan dia nyapa aku pake panggilan "cece", masalahnya orang tau nama aku "cece" pastinya dia pernah kenalan sama aku, tapi kapan? dimana? kok bisa? #parah
langsung deh aku tanyain dan langsung dia jelasin kapan kita kenalan!
"oh iya kamu temennya temenku itu ya? eh? nama kamu siapa ya?" #gubraaak

Masih banyak sih kejadiannya.
Misal waktu ada yang nge-add fesbuk aku, nyapa aku di jalan, mention aku di twitter, dllllll "el nya tak terhingga pake kuadrat"
pasti ending-endingnya aku jawab gini, "eh?kamu siapa ya?" #pasangtampangbego


Dan itu alasan mengapa aku benci banget sama pelajaran "sejarah", bayangkan aja nama-nama pahlawan kudu dihapalin, ga cuma namanya pahlawan, kalau ada sejarah yang bahas soal kerajaan gitu, pasti soalnya nanyain nama kerajaannya apa, rajanya namanya siapa, tahun didirikannya, tahun hancurnya kapan! bego! emang aku pikirin! ngapalin nama-nama temen aku aja lupa! mau ngapalin begituan!
Hasilnya nilai sejarah aku tiarap... #krik #sigh
udah ah ga usah dibahas... aku jadi malu >,< #plaakk
#Lupa

Ehhhmm.. penyebab kita sering lupa itu apa sih? apa sih? ya berdasarkan apa yang aku baca dari pencarian eyang google itu kayak gini :


Penyebab pertama karena kamu kurang tidur.
#begadang
seharusnya kita punya waktu tidur, paling ga 8 jam dalam sehari. Kurangi tuh begadang nonton bola, sama ngerjain tugas sampe larut malem.
Soalnya tidur itu buat menormalisasikan fungsi tubuh kita, termasuk otak kita.
so? paling ga kasih waktu deh buat tubuh kita untuk istirahat, jangan dipaksain.
dan buat tanda kutip aja, tidur yang berkualitas itu tidur yang ga pake "dengkur", hayo siapa yang tidur suka dengkur? hayo?

Penyebab kedua mungkin karena kamu sedang setres
#depresi #stres
Soalnya nih, setres itu bisa menyebabkan ketegangan otak dan membuat energi otak kita habis. Oleh sebab itu orang yang lagi setres biasanya pikirannya buntu atau mampet atau "bujel" atau telo atau dllll . #ealah
Stres yang berlebihan bisa memacu pelepasan hormon kortisol yang akan mengganggu ingatan kita.
Maka stop ya yang nama nya "galau" ya... hehe

Penyebab ketiga karena kita makan sembarangan
#maudong
Buat kalian yang suka makan instan nih ya, sebaiknya kurangi deh. Soalnya makanan yang instan, seperti mi instan, makanan cepat saji atau makanan yang mengandung lemak, gula dan garam yang tinggi itu bisa memacu penyakit yang namanya stroke dan akhirnya berdampak langsung pada otak kita.
Dan ini ada contoh makanan dan minuman yang bisa membantu otak kita bekerja dengan baik adalah Kopi ,Buah dan kacang-kacangan dan Seafood
Kita bahas dulu, mengapa kopi?
- soalnya menurut sumber yang aku baca, karena kafein di dalam kopi diketahui menyerupai senyawa kimia yang terdapat di dalam otak, yaitu adenosin. Dan senyawa itu diduga dapat merespon aktivitas otak. Tapi aku juga masih heran sih, mengapa kopi? soalnya dulu aku pernah baca di salah satu bacaan, kafein malah justru menghilangkan perlahan kamus kata dalam otak kita dan masih banyak bahaya yang lainya. so? bagaimana? 
kita sih dianjurkan paling tidak mengonsumsi kafein 300 mg perhari setara dengan 3 cangkir.
ya paling tidak usahakan kamu minum kopi maksimal 3 cangkir perhari atau kalau bisa di bawahnya. gitu.
Mengapa buah dan kacang-kacangan?
#buahenakseribu3 #gilaa
-Ga terlalu di pusingin sih, emang kan kita tau sendiri kalau buah memang bagus untuk tubuh kita, dan itu ga diragukan. Tapi menurut sumber yang aku baca nih kandungan dalam Buah dan kacang-kacangan mengandung sejumlah Boron yang mampu memberikan efek eletrik dalam otak.
Misal: Kacang-kacangan, brokoli, anggur, apel, dan pir tuh yang sangat bermanfaat bagi otak kita.
Terakhir mengapa kok seafood?
kita juga tau kan kalau seafood itu memiliki kandungan mineral dan kaya akan protein, so?
ehm, sumber yang aku baca mengatakan kalau makanan yang kaya akan sumber mineral dapat meningkatkan kemampuan otak kita dalam menyimpan memori sehingga dapat rnempertahankan daya ingat dan membuat otak kita lebih mudah untuk berkonsentrasi, begitu...
kalau protein sih ga usah nanya ya.. tapi aku jelasin deh, makanan yang mengandung protein nabati maupun hewani itu dapat memberikan efek menenangkan pada otak kita, dan juga dapat membantu otak kita supaya bekerja dengan cepat dalam menerima pesan #khususoranglola #makananorangpinter #ea

Penyebab keempat karena Radikal bebas
Radikal bebas seperti pada makanan, gizi buruk, dan polusi lingkungan bisa mengacaukan kerja otak kita. Sayangnya nih negara kita kan lengket banget sama yang namanya polusi, jadi gimana? ya jauhi aja orang yang merokok #jauhingimana #kantemenjuga #kasian, kalau mau melakukan perjalanan pake masker misalnya. eh ngomong-ngomong soal masker, aku jualan lo harga 5rb an doang, bentuk lucu-lucu #proomosi #ea #acuhkansaja

Penyebab Terakhir adalah karena kita "MALAS" #padahalmasihbanyak #akumales #yahsamasaja
#ngantukneng
Misal aja kita males olah raga, males banget baca buku, dan males banget baca postingan aku #sedih
Karena eh karena menjaga kebugaran tubuh dengan olahraga misalnya, dapat menjaga kebugaran otak karena saat berolahraga, biasanya kita akan rileks dan otak menjadi tidak tegang. begituh #ea
olahraga juga bisa ngurusin badan loh #khususfatbody

Oh gitu ya? makanya aku sering banget lupa, tragisnya aku masuk semua penyebab tadi.... Tuhan kasianilah aku #sigh
Maaf buat temen-temen aku yang saya dzolimi, saya benar-binar khilaf... aku akan belajar mengingat nama kalian... Aku janji...#krik


Sumber:
http://www.klikbunda.com/2011/09/inilah-9-penyebab-anda-sering-lupa.html
http://kolom-inspirasi.blogspot.com/2011/09/8-penyebab-ingatan-menurun-dan-sering.html
http://info-sehat.com/inside_level2.asp?artid=836&secid=&intid=8
http://kemuh.com/kesehatan/bahaya-minum-kopi/

Sumber gambar:
http://andiktaufiq.wordpress.com/2011/02/15/lupa/
http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2012/04/10/penyakit-lupa-tidak-sesederhana-yang-kita-kira/
http://luvinherbalife.wordpress.com/2011/05/22/
http://food.detik.com/read/2012/06/12/120445/1938941/297/mau-bergadang-nonton-bola-pilihlah-makanan-ini
http://m4y-a5a.blogspot.com/2012/06/buah-buahan-yang-baik-untuk-kesehatan.html
http://arsyad9c.blogspot.com/

28 comments:

  1. Alasan yang terakhir cocok banget buat kamu --> malas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha, bawaan dari lahir :p
      tapi aku ga males tuh onlen-nya :D

      Delete
    2. Uis pace terus ae bang... aku terodai #apaan

      Delete
  2. Replies
    1. yo jik mending daripada item dini :p #lari

      Delete
  3. kalo aku biasanya lupa karena stres.
    alhamdulillah sih aku gak pelupa.
    sering2 minum baygon aja, dijamin .... #isisendiri :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..
      memang sih ntar ga jadi pelupa lagi habis minum baygon... :O

      Delete
  4. makan mie instant juga penyebab luoa yaah ...
    geu jadi tau alasaanya kenapa di kampus gue banyak mahasiswa yang lupa ngerjain tugas ...-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho.oh katanya gitu...
      itu bukan lupa... mungkin emang males ...

      Delete
    2. hehehe ...
      males sama lupa beda tipis kali yaaaak :D

      Delete
    3. kan orang males2 an itu biasanya pelupa ? :o
      tuh liat penyebab terakhir..

      Delete
  5. Hai dear, haha, postingan ini lucu sekaligus bermanfaat banget loh. Kalo aku lupanya pas belajar doang, pas ngapalin nama toko baju mah gak pernah lupa ._.
    Aku Vinny, hehe, kita udah kenalan di FB, inget kaan? *todong piso*
    Aku manggil kamu siapa nih? =))
    Kalau mau saling follow blog atau tukeran banner, kasi tau yaah! ;))
    Sukses ngeblog dan salam blogger! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya inget...
      makasih...
      ntar ku pollow dah :)

      Delete
  6. Alhamdulillah saya ndak masuk kategori pelupa walau tidak pernah olahraga kalau jadi pelupa bisa gawat anak didik saya hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah, tapi olahraga juga perlu paling tidak seminggu 2 kali, durasinya paling tidak 45 menit..
      makasih kunjungan nya :)

      Delete
  7. waduh gawat saya paling suka indomie tiap hari itu sarapan saya.
    tidurpun seperlunya saja malah sering dalm 1 hari tidur cuma 1-2 jam saja
    benar akhirnya saya jadi pelupa walau ndak banget heheheheheh
    namanya pelupa juga suka lupa..
    salam kenal..mudah2an saya yang ini tidak lupa...kwkwkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, apalagi indomie cuma karbo aja...
      ga ada gizi2 nya sama sekali...
      *padahal aku juga suka :p
      makasih kunjungannya :)

      Delete
  8. wah mankax sdkit pelupa trxta gara"x bxk donk..,
    :-D

    ReplyDelete
  9. ga nyangka kalo makan sembarangan bisa bikin lupa.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi sekarang banyak pedagang culas :O
      makasih kunjungannya :D

      Delete
  10. ce km skrg ngga prnak keliatan -_-?

    ReplyDelete
  11. gue sering banget lupa, mungkin karna kebanyakan makan makanan mengandung msg kali ya jadinya oon haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. sih.. tapi kalo ga pake msg.. kaga enak :O
      hehehe.. makasih kunjungannya :D

      Delete
  12. Lupa yang sepele tapi sangat bermasalah di saat krusial, Meletakan kunci.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh.. udah susah nyarinya... eh kalo bisa di miss call mending... la itu kunci.. aduh...
      makasih kunjungannya :D

      Delete

Makasih udah sudi baca, sekarang saatnya kamu tulis komen. thanks maksimal.
:)